Kamis, Oktober 25, 2018

Model cara berpikir yang baik

Banyak orang yang depresi, sedih. dikarenakan memikirkan hal – hal yang belum terjadi. misalnya kuatir masa depan suram, padahal belum terjadi. seandainya energi rasa kuatir itu diubah menjadi semangat. Dengan semangat itu berkerja dengan baik atau belajar dengan tekun. Kemungkinan akan terhindar dari madesu tersebut (madesu= masa depan suram).



Dan ada pula cerita orang yang tidak dapat melepaskan masa lalu. Misalnya orang yang putus cinta. sedih berlarut-larut mengingat-ingat masa lalu yang indah, yang malah membuat sedih karena ingat mantan. Seandainya energi sedih itu dibuat untuk memperbaiki diri untuk mencari lebih baik. Akan bagus  buat dia.

Berpikir sekarang melepaskan diri dari masa lalu dan masa depan. Konsentrasi hanya sekarang. in this moment.  merasakan bagaimana udara mengalir dari luar kedalam paru-paru. Melihat daun-daun berguguran. Merasakan angin yang bertiup. Bila sedang bekerja konsentrasi dalam pekerjaan dalam penuh rasa. Bila membaca buku novel,  berimajinasi seperti kita berada didalam cerita.
Berpikir sekarang bukan berarti tidak berarti cuek dengan masa depan. Harus tetap mempunyai cita-cita untuk masa depan, visi untuk masa depan yang positif. tidak penuh kuatir . Tetap berkonsentrasi di masa sekarang untuk menyambut masa depan yang baik.

Tidak ada komentar: