Kamis, Oktober 25, 2018

6 Tips Sederhana Merawat Mesin Mobil


Anda yang sudah memiliki mobil yang membeli dengan keringat sendiri baik secara cash maupun kredit, tentu ingin mobil anda awet digunakan dalam jangka waktu lama. Kecuali anda kaya raya mau pakai mobil cuma 5 tahun kemudian jual dan beli baru.
Kalau anda seperti orang kebanyakan berikut cara - cara nya :





1. Isi bahan bakar sesuai dengan rekomendasi pabrik

Jangan karena ingin menghemat, membeli bahan bakar dengan oktan lebih rendah dari pabrik bisa membuat mesin anda "knocking" . Pada kasus yang ekstrim bahkan piston bisa sampai rusak dan berlubang. Sebenarnya seberapa besar pengaruh tingkat oktan terhadap ketahanan mesin kendaraan?
Penjelasan sederhananya seperti ini. RON atau angka oktan merepresentasikan ketahanan bahan bakar terhadap kompresi di dalam mesin tanpa meledak sendiri. Maka mesin dengan kompresi yang tinggi membutuhkan bahan bakar dengan angka oktan yang tinggi. Pada operasi normal mesin bensin,  Campuran bahan bakar dan udara baru meledak setelah ada percikan api busi.
Cara ini mengatur ledakan agar selalu terjadi pada saat yang tepat. Dengan demikian energi hasil ledakan menyumbang tenaga mekanik yang paling besar. Celakanya, bahan bakar dengan angka oktan lebih rendah daripada yang dibutuhkan mesin bisa meledak sendiri pada akhir langkah kompresi.

Akibatnya terjadi tabrakan antara ledakan bahan bakar yang meledak sendiri dengan bahan bakar yang dinyalakan oleh busi. Inilah yang menimbulkan bunyi pada mesin dan kita kenal sebagai ‘ngelitik’ / knocking. Knocking menyebabkan energi mekanik yang dibangkitkan jadi tidak optimal.

2. Cek Oli
Oli mobil harus diganti setiap 5.000-10.000 km untuk memastikan mesin mobil tetap bekerja dengan optimal. Salah satu cara mengetahui oli mobil sudah harus diganti adalah dengan meneteskan sedikit oli di tangan Anda dan merasakan apakah terdapat serpihan-serpihan halus di dalamnya. Jika Anda dapat merasakan serpihan atau kotoran, maka sudah saatnya Anda mengganti oli mobil.



3.Merawat Aki Mobil

Hal paling mudah untuk merawat aki mobil Anda adalah dengan memastikan air aki berada pada level yang seharusnya, yaitu di antara garis batas penanda. Cara lain untuk mengecek kondisi aki adalah dengan mengukur tegangan aki menggunakan voltmeter. Apabila aki Anda dalam kondisi baik, voltasenya seharusnya berada di antara 12,4 dan 12,7 volt. Jika Anda tidak yakin mengenai kondisi aki mobil Anda, Anda dapat memeriksakan mobil ke bengkel terdekat.

4. Isi Air Radiator Secukupnya

Air radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin saat sedang bekerja. Pastikan Anda mengisi air di tabung radiator secara berkala agar mesin dapat bekerja dengan baik. Bila air radiator sudah di isi tapi mesin masih terlalu panas berlebih / overheat, maka perlu dicek kipas pendingin atau pompa radiator. Selain itu, jika Anda cukup sering menggunakan air wiper, isi tabung air wiper dengan air bersih jika air sudah mulai habis.

5.  Pastikan Transmisi Normal

Jika mobil Anda bertransmisi manual. Jika kampas kopling Anda sudah mulai aus, maka perpindahan gigi akan semakin berat dan dapat mengganggu kenyamanan berkendara Anda. Persneling yang sulit dipindah merupakan salah satu indikasi kampas kopling mobil Anda mulai aus.


6.  Periksa kelistrikan mobil

Anda perlu memeriksa kondisi kabel dan lampu mobil Anda secara rutin. Sesekali, Anda akan mendapati kabel yang kendur atau bahkan terputus dan lampu mobil yang mulai redup. Agar tidak bermasalah di jalan, pastikan seluruh kabel dan lampu mobil Anda berada dalam kondisi normal.

7. Periksa ban

Yang terakhir tidak kalah pentingnya adalah memeriksa tekanan ban anda. bila sudah aus karet bannya harus diganti. Ban tipis bila mobil anda dipacu dengan kecepatan tinggi sangat berbahaya.
Perlu diperhatikan adalah bersihkan ban dari benda-benda asing. Sebab acapkali ada benda-benda yang menempel dan bisa merusak alur ban, seperti batu kerikil, paku, besi dan sebagainya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Langkah Periksa Ban Agar Selamat di Jalan", https://otomotif.kompas.com/read/2018/05/08/164200315/4-langkah-periksa-ban-agar-selamat-di-jalan.
Penulis : Alsadad Rudi
Editor : Azwar Ferdian
 Perlu diperhatikan juga, periksa benda-benda asing yang nyangkut di alur ban, seperti kerikil kecil, serpihan logam kecil. Bersihkan benda asing tersebut supaya tidak menjadi masalah dikemudian hari.
Perlu diperhatikan adalah bersihkan ban dari benda-benda asing. Sebab acapkali ada benda-benda yang menempel dan bisa merusak alur ban, seperti batu kerikil, paku, besi dan sebagainya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Langkah Periksa Ban Agar Selamat di Jalan", https://otomotif.kompas.com/read/2018/05/08/164200315/4-langkah-periksa-ban-agar-selamat-di-jalan.
Penulis : Alsadad Rudi
Editor : Azwar Ferdian

Demikian sekilas 6 tips sederhana buat pemilik mobil, hati hati dijalan. bagaimana menurut anda ?

Tidak ada komentar: